Penyebab dan Solusi Motor Brebet

1. 4 Penyebab + Solusi Motor Brebet Saat Hujan 
Dalam hal ini kendala yang tidak jarang dialami pemilik motor ialah masalah mesin motor yang brebet atau mogok. Dan penyebabnya bisa bermacam-macam salah satunya hal yang paling sepele seperti sehabis kita menerjang hujan, lalu kenapa motor bisa brebet atau mogok setelah terkena air..??
Yang pada dasarnya motor tidak diciptakan untuk menerjang genangan air. Karena ada banyak rangkaian kelistrikan serta akan berbahaya jika air tersebut masuk kedalam saluran intake. Namun banyak pengguna motor yang nekat menerjang genangan air. Hal ini memang genangan itu tidak terlalu tinggi tapi cipratan air dari ban juga bisa masuk kedalam rangkaian kelistrikan yang sensitif dengan air.
Dan selain saat menerjang banjir, terkadang masalah ini juga muncul setelah kita mencuci motor. Dana pencucian motor yang kurang tepat hal ini tentunya bisa berakibat pada hal-hal yang tidak terduga salah satunya yang menyebabkan motor tersebut menjadi brebet atau malah fatalnya mogok.
Adapun penyebab + solusi motor brebet saat hujan diantaranya yaitu:

Cop Busi Basah

Cop busi itu merupakan komponen yang terletak pada ujung atas busi. Cop ini dijadikan sebagai tutup busi dari debu sekaligus tempat menyalurkan listrik tegangan tinggi dari ignition coil. Bila kalian mencuci motor dengan menyemprotkan air kearea busi, maka ada potensi air masuk kedalam cop busi sehingga mengganggu koneksi antara kabel busi dan terminal busi. Hasilnya pengapian mesin akan mengalami masalah yang menimbulkan mesin yang sulit dihidupkan atau bahkan mati ketika berhasil dihidupkan.

Socket CDI Basah

Hal ini terjadi khususnya pada motor yang bodynya dipreteli atau tidak ada pelindung bagi rangkaian elektrikal motor. Salah satu rangkaian elektrikal yang cukup penting ialah rangkaian pengapian CDI. Pada motor pengapian ini memanfaatkan capasitor untuk melepaskan arus yang dijadikan arus input ke ignition coil. Jika sokcet capasitor ini basah atau terkena air, maka otomatis aliran arus dari dan ke CDI akan terganggu. Ini menyebabkan lemahnya api dan busi sehingga motor susah dihidupkan kalaupun bisa akan brebet.

Knalpot Kemasukan Air

Konsstruksi knalpot pada motor umumnya memiliki ujung mufler lebih tinggi dari leher knalpot. Ini akan mencegah air masuk sebenarnya tapi jika tanpa sengaja kita menyemprotkan air kebagian belakang motor dan masuk kedalam knalpot akan sulit dikeluarkan.
Air tersebut akan masuk dan tergenang pada leher knalpot namun tidak masuk keruang bakar karena exhaust port posisinya lebih tinggi. Akibatnya saat mesin hidup akan terjadi penyumbatan saluran buang. Sehingga gas buang serasa tertahan, tertahannya gas buang dari mesin akan memberatkan langkah piston yang berujung pada motor yang sulit hidup atau mogok.

Karburator Kemasukan Air

Dalam hal ini fungsi karburator ialah sebagai penyalur bensin kedalam ruang bakar dengan perbandingan yang ideal. Lokasi karburator pun terbilang aman sebanarnya karena terhalang oleh cover body motor. Tapi terkadang kita mencuci motor dengan menggunakan selang yang langsung mengarahkan air kearah body samping. Dibagian samping ini juga ada lubang untuk melakukan penyetelan karbu. Dari lubang ini air bisa membasahi karburator.
4 Penyebab + Solusi Motor Brebet Saat Hujan
Air yang masuk kedalam karburator tentunya akan mengganggu proses pembakaran karena air merupakan element yang kontra dengan api. Sehingga pembakaran didalam ruang bakar akan sulit terjadi dan bisa berefek pada busi yang basah. Tapi masalah ini hanya ada pada motor konvensional, sementara motor injeksi sudah menggunakan injektor sebagai penyalur bensin dengan lebih ideal. Tapi tidak juga membuat motor kalian terbebas dari masalah ini. Justru motor injeksi lebih sensitif terhadap air karena ada banyka socket elektrikal yang mempengaruhi proses pembakaran mesin. Satu saja socket ini basah maka akan mengganggu kinerja mesin motor.
Demikianlah pembahasan mengenai 4 Penyebab + Solusi Motor Brebet Saat Hujan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber: https://www.otosena.com/4-penyebab-solusi-motor-brebet-saat-hujan/

2. Penyebab dan Solusi Motor Brebet Di Putaran Atas

Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas “Wajib Baca”

Penyebab Motor Brebet – Dalam hal ini motor suaranya tersendat-sendat atau bahasa lainnya brebet itu terjadi karena proses pembakaran mesin tidak terjadi secara lancar “terputus-putus” masalah ini dapat timbul ketika motor digas dan ketika di RPM tinggi.
Lantas apa penyebabnya ?? lalu bagaimana cara mengatasinya ?? nah diulasan kali ini kami akan memberikan ulasannya secara detail semua hal yang berpotensi menyebabkan motor tersendat-sendat beserta cara memperbaikinya. Secara umum mesin brebet terjadi akibat adanya perbandingan komposisi didalam ruang bakar yang tidak sesuai standar. Kita tahu syarat sebuah mesin dapat bekerja adalah udara, bensin dan api. Kalau salah satu memiliki perbandingan yang tidak pas maka pembakaran bisa tidak terjadi.

Penyebab & Solusi Motor Mengalami Brebet Di RPM Tinggi

Kita tahu untuk terjadinya pembakaran memerlukan tiga syarat utama yakni bensin, udara dan api. Saat kalian menghidupkan mesin pada RPM rendah, kemudian mesin bekerja dengan normal maka ketiga syarat tersebut berada pada komposisi yang pas. Namun saat motor digas kemudian brebet, maka ada perbedaan perbandingan komposisi yang mesti di perbaiki. Adapun beberapa penyebab motor brebet adalah sebagai berikut:

Main Jet Yang Mampet

Untuk hal demikian kita menujua syarat yang pertama yakni pada bahan bakar, bahan bakar motor umumnya berjenis bensin. Idealnya, rasio antara molekul bensin dana udara yakni 14-15 : 1. Saat motor digas, jumlah udara yang masuk ke mesin akan meningkat. Begitu pula dengan suplai bensin. Namun digas pada RPM berapapun perbandingan bensin dan udara harus tetap sama.
Apabila terjadi perbedaan misal terlalu kaya ( >15 : 1 ) atau terlalu miskin ( <14 : 1 ) maka mesin akan brebet bahkan mati. Lantas mengapa perbandingan bensin pada karburator bisa berubah saat motor digas ?? Ada banyak penyebab, salah satunya saat main jet tersumbat oleh kotoran. Fungsi main jet adalah sebagai ujung saluran bensin pada karbu yang dijadikan tempat keluarnya benisn dalam saluran intake. Jik saluran ini tersumbat otomatis suplai bensin akan terhambat.
Penyebab yang lainnya, bisa kita temui pada setelan angin karburator yang terlalu kecil. Kalau setelannya kecil, maka aliran udara dan bensin yang masuk keruang bakar ketika idle juga menjadi kecil akibatnya mesin brebet bahkan mati. Untuk kasus ini hanya terjadi ketika motor brebet pada RPM rendah.
Solusi untuk masalah ini mudah, kalian hanya perlu membersihkan kondisi karburator menggunakan bensin. Jika kalian memiliki cukup pengetahuan kalian juha bisa sekalian membongkarnya. Tapi untuk langkah praktisnya sumbat saluran udara sebelum karbu menggunakan telapak tangan, kemudian sela mesin motor beberapa kali. Hisapan piston akan meluruskan semua kotoran yang menyumbat main jet.

Filter Udara Mampet Karena Terlalu Kotor

Saat aliran udara menuju mesin terhambat, langkah piston cenderung lebih berat. Ketika kalian memaksa pada RPM tinggi, hisapan piston justru akan  menyedot aliran bensin karena terjadi kevakuman pada area setelah sumbatan, sehingga campuran akan lebih kaya. Hambatan ini biasanya terjadi pada area filter. Filter udara yang kotor akan menyebabkan penumpukan debu pada permukaan filter. Debu-debu itu akan menghambat aliran udara menuju ke dalam mesin.
Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas
Cara mengatasinya kalian harus rutin membersihkan filter udara. Selain dari hambatan aliran udara, udara yang bercampur debu bisa menjadi pemicu mesin brebet. Debu-debu ini dalam jumlah kecil memang tidak terlalu berefek. Tapi dalam waktu lama, kotoran yang ikut terbakar akan meninggalkan kerak didalam mesin, sehingga berpotensi mengganggu kinerja mesin. Untuk masalah ini kita hanya perlu menjaga kebersihan filter udara motor dengan rutin membersihkannya dalam kurun interval maksimal 5 ribu km.

Api Busi Terlalu Kecil

Api pada mesin motor dihasilkan dari proses elektronika pada busi. Besarnya api yang dihasilkan oleh busi bisa mempengaruhi kinerja mesin motor kalian. Tegangan listrik pada busi bisa mencapai 20 KV, namun output pada busi bisa berbeda. Saat api yang keluar dari busi kecil, maka mesin bisa brebet atau tersendat-sendat, namun ketika api terlalu besar, suara mesin jadi lebih kasar.
Busi sudah memiliki resistor, fungsi resistor ini ialah untuk mencegah adanya api berlebih di elektroda busi. Namun saat hambatan pada resistor itu meningkat, otomatis tegangan output jadi lebih kecil. Hal ini menyebabkan api yang keluar terlalu kecil, panas bisa memperbesar hambatan listrik.
Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas
Untuk itu saat motor kalian brebet di putaran tinggi cobalah untuk melepas busi. Setelah itu, tancapkan busi yang terlepas ke kabel busi seperti normal. Tempelkan ulir busi ke blok silinder “masa baterai”, posisikan kunci kontak pada posisi ON dan start mesin. Maka akan keluar percikan dari elektroda busi.
Jika api kecil, maka letak permasalahan mesin brebet ada dibusi, cara mengatasi busi ini yakni coba untuk membersihkan elektroda busi dari kerak dan kotoran. Namun jika api yang keluar masih kecil juga, maka ganti dengan busi yang baru. Masalah internal busi akan sulit untuk diperbaiki.

Air Didalam Tanki Bensin

Air itu bukanlah bahan bakar dan air juga tidak bisa bercampur dengan bensin. Saat ada molekul air masuk kesistem bahan bakar, maka air tersebut juga berpotensi masuk ke ruang bakar melalui karburator. Akibatnya hanya sedikit bensin yang masuk ke ruang bakar “karena sebagian tergantikan oleh molekul air”, akibatnya saat busi menyela, pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Inilah yang menimbulkan mesin brebet.
Untuk solusinya kalian perlu menguras air didalam tanki bensin, air ini dapat masuk kedalam tanki saat kita mencuci motor atau ketika kita berkendara dalam kondisi hujan. Ketiga hal diatas, merupakan penyebab utama motor mengalami brebet khususnya saat RPM tinggi, agar kita bisa terhidar dari masalah ini, penting untuk melakukan perawatan.

Deposit Di Dalam Ruang Bakar

Terkadang semua sistem baik sistem bahan bakar, sistem air induction dan sistem pengapian dalam kondisi OK. Namun ada satu lagi masalah yang perlu diperhatikan yakni kerak atau deposit hasil pembakaran yang tidak sempurna. Saat terjadi pembakaran yang kurang sempurna didalam mesin, maka hasilnya berupa CO dan ada sedikit deposit yang melekat pada dinding silinder. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, deposit ini bisa mengotori busi dan daun katup. Sehingga api busi menjadi kecil serta udara yang masuk kedalam ruang bakar juga berkurang, inilah yang menimbulkan mesin motor kalian brebet.
Solusinya ketika kalian melakukan tune-up pastikan untuk membersihkan ruang bakar memakai carbon cleaner atau sejenis. Cairan ini akan membantu meluruhkan kerak dan deposit didalam ruang bakar sehingga ruang bakar bersih dan performa mesin juga kembali normal.

Tekanan Bensin Rendah “Khusus Motor Injeksi”

Khusus pada motor injeksi kalian juga perlu mewaspadai fuel pump pada motor kalian. Fuel pump berfungsi memompa bensin kedalam injektor, sehingga ketika injektor terbuka bensin bisa langsung keluar ke intake manifold. Namun besar tekanan bensin juga mempengaruhi jumlah bensin yang dikeluarkan saat itu. Dan yang terjadi ketika kita motor berada pada RPM tinggi, perlu asupan bensin dan udara yang lebih banyak. Karena fuel pump lemah maka fuel pump tidak mampu menekan bensin lebih kuat ke injektor. Sehingga bensin yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit dan motor akan tersendat-sendat.
Cara mengatasinya kita perlu terlebih dahulu mengecek berapa tekanan bahan bakar motor kita menggunakan alat khusus. Lalu kalau ternyata kurang berarti kita perlu mengganti fuel pump tersebut. Kalau tekanan dari fuel pump masih normal, mungkin ada sumbatan pada jalur bahan bakar. Sumbatan ini bisa terletak pada filter bensin yang kotor. Maka kalian harus membersihkan filter tersebut agar tidak menyumbat.
Tips merawat mesin agar tidak brebet sebagai berikut:
  • Rutin membersihkan filter udara
  • Pakai bahan bakar dengan oktan tinggi “pertalite”
  • Cek dan bersihkan filter bensin
  • Gunakan busi dengan spesifikasi yang sesuai dengan motor kalian
  • Perhatikan saat akan mencuci motor, jangan sampai air masuk ke sistem bahan bakar
Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio