Motor sporty Murah (Honda Verza)

Pada bulan januari 2013, secara resmi honda telah meluncurkan produk terbarunya yaitu motor sport VERZA 150cc injeksi, dengan tagline mesin tangguh, hemat bahan bakar, dan tentunya murah.
Berikut keunggulan motor honda VERZA 150 :




Mesin
Honda verza 150 dilengkapi mesin berpendingin udara seperti motor Mega pro dan memiliki berat yang lebih ringan. Motor ini juga dibekali mesin 150cc,4-langkah(stroke),DOHC, silinder Tunggal, Perpindahan gigi terasa agresif dan cepat (1-N-2-3-4-5) dan menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Performa mesin agresif dan respponsif diputaran bawah dan putaran atas, dan mempunyai daya maksimum 9,72 KW (13,2 PS)/8.500 rpm dan torsi maksimum 12.7 Nm (1.29 kgf.m)/6000 rpm, tetap stabil saat diajak bermanuver di tikungan yang ekstrim dengan kecepatan tinggi


Irit
Seperti produk keluaran sebelumnya, Mesin honda verza diklaim powerful, responsif, ramah lingkungan serta menghasilkan konsumsi bahan bakar terhemat dikelasnya, yakni 48 km/liter

Desain Sporty
Desain honda VERZA 150 didefinisikan sebagai model advanced light berdasarkan pada konsep "modern stylist dan masculine.Garis-garis striping menyatu dengan shroud sporty, desain lampu depan, velg racing dengan ban tubeless dan piujakan kaki belakang sistem gantung yang memperkuat kesan sporty dan modern

Harga
Harga honda VERZA 150 yang super murah ditawarkan oleh PT Astra Honda Motor dengan mematok harga Rp 16.050.000 untuk tipe spoke wheel (velg beruji) dan Rp 16.900.000 untuk tipe cast wheel (Velg Racing) On The Road Jakarta
Model ini hadir denagn 4 pilihan warna untuk masing-masing tipe, yaitu : Sporty Red, Masculine Black, Tough Silver, dan Marine Blue

Kelemahan Honda VERZA 150 :
 Untuk suspensi depan menggunakan teleskopik dan suspensi belakang menggunakan suspensi ganda. suspensi belakang harusnya sudah menggunakan mono-shock jangan menggunakan suspensi ganda. namanya juga motor murah,masak mau dipesen ini-itu, malah kita sendiri yang malu entar.hehehe
Pada bagian depan motor , sambungan las dirangka terlihat jelas sehingga terkesan rangka tidak rapi
Pada model spoke wheel, tangki telihat kurang keren dan terlihat terlalu menonjol. ini salah satu perbedaan antara model spoke wheel dan cast wheel. Untuk yang model cast wheel tangkinya terlihat lebih sporty.
 Mesin Injeksi VERZA mirip mesin injeksi SUPRA X, Step 4

Sensor O2 terletak dibawah lubang ECM
Secara garis besar, sistem injeksi honda VERZA 150 sama seperti yang digunakan SUPRA X 125 atau matik seperti Honda SPACY,BEAT,VARIO Techno, Honda menyebut penggolongan teknologi injeksi ini dengan sebutan step 4.
Perbedaan sistem injeksi yang dipakai honda CBR 250R,PCX 150, dan CBR 150 R adalah jumlah sensor yang lebih ringkas. Pada motor-motor tersebut ada 6 sensor injeksi, tapi honda VERZA 150 hanya 4 sensor saja, lebih sederhana. Yaitu Throttle Position Sensor (TPS), Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position Sensor (CKP) dan O2 sensor. Tanpa dilengkapi Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP) dan Intake Air Temperature (IAT).


Pada sistem injeksi honda terbaru ini MAP dan IAT ditinggalkan, tapi fungsinya digantikan oleh sensor CKP dan O2."Yang lebih advance, ternyata fungsinya bisa disatukan sehingga lebih ringkas.
O2 sensor pada sistem injeksi VERZA 150 ini sudah close loop. Dikatakan sebagai sistem yang tertutup karena bukan hanya input bahan bakar dan udara yang diatur, tapi juga output pembakarannya juga dipantau dan dijadikan acuan suplai bahan bakar ke ruang bakar. Keuntungan sistem ini adalah emisi gas buangnya jadi lebih bersih.






Throttle Body dilengkapi dengan dua kabel gas, respon lebih cepat


Sedangkan throttle bodynya memiliki diameter 26 mm, beda dari karburatornya New MegaPro yang lubang venturinya 28 mm. Throttle body ini berlabel keihin yang dilengkapi dua kabel gas, ada dua kabel gas yang saling tarik menarik sehingga respon putaran selongsong gas lebih cepat dan ringan.

Injektor VERZA memiliki 6 lubang, dan dilengkapi dengan ECM bermerek Keihin juga. Beda dengan Vario Techno 125 dan beberapa sepeda motor honda injeksi lainnya yang ECMnya dipakai shindegen

Bank Angle Sensor
Layaknya motor tipe sport yang sudah mengusung teknologi injeksi, motor ini juga dilengkapi dengan Bank Angle Sensor (BAS). "Ketika emiringan lebih dari 60 derajat kekanan maupun kekiri, mesin akan langsung mati
Pada sepeda motor sport, komponen ini wajib ada.:ketika jatuh, mesin tetap menyala karena koplingnya tipe manual. Makanya harus punya BAS untuk safety (keamanan)



Kapasitor Bank
Selain itu, komponen lainnya adalah Kapasitor Bank. Fungsinya mengantisipasi ketika accu soak/ngedrop, mesin injeksi bisa tetap hidup dengan arus listrik yang tersimpan di Kapasitor Bank. Fungsinya memang hanya untuk keadaan darurat, bukan berarti kita jadi malas mengecek accu

Filter Bensin

Filter Bensin Lebih Simpel
Pada sepeda motor sport honda, filter bensin yang terletak difuel pump, posisinya ada dibagian luar tangki bensin."Ketika hendak ganti filter enggak perlu lepas fuel pump didalam tangki, cukup dikerjakan dari luar saja

Sistem Pengisian 3 Phase
Sistem kelistrikkan motor ini juga sudah lebih canggih. Untuk sepeda motor tipe injeksi, alternatornya menggunakakn sistem pengisian 3 phase. Arusnya lebih besar dan stabil, cirinya memiliki 18 kutub



sumber:
agungwibowo92.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio