Mendeteksi Suara Mesin Yamaha Jupiter Z Kasar



Problem:  suara mesin Yamaha Jupiter Z yang tiba-tiba berubah kasar. Kejadian ini saya alami sendiri pada motor yang menjadi sarana transportasi harian untuk beraktivitas.

Yamaha Jupiter Z keluaran 2003 ini berstatus motor bekas satu tangan,

Selang beberapa bulan pemakaian timbul suara kasar pada mesin. Tanpa pikir panjang dengan perkakas bengkel seadanya, bongkar pasang mesin Jupiter Z pun langsung dilakukan. Alhasil ditemukan sumber kerusakan terdapat pada roll keteng yang biasa juga disebut roll temeng.

Tonjolan pada roll keteng yang berbahan plastik keras, ternyata lepas sehingga tensioner tidak bisa menekan roll keteng agar ketegangan rantai keteng bisa terjaga. Akibatnya rantai keteng menjadi kendur dan menimbulkan suara kasar pada mesin.

Jika ditelusuri lebih dalam penyebab rusaknya roll keteng, lantaran usia pakai yang sudah mencapai 11 tahun. Jadi wajar saja keausan terjadi dan berakhir dengan patah dan copot. Tahap selanjutnya adalah mengganti roll keteng yang rusak. Lantaran yang rusak pada roll bagian atas, langkah bongkar bak magnet terpaksa dilakukan karena roll atas terpasang dengan baut. Beda dengan roll bawah yang bisa langsung dicopot untuk penggantian saat sudah aus mau pun terjadi kerusakan.

Sekian, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama.


sumber:
motorexpose.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio