Solusi Jika Motor Matic KarburatorTidak Bisa Distarter

Pernahkan mengalami kejadian yang tidak terduga pada motor matic Anda? Seperti tiba-tiba sepeda motor mogok dan tidak bisa distarter? Ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan jika motor matic tidak bisa distarter.
1. Longgarkan sekrup yang biasa digunakan untuk menguras karburator yang kebanjiran. Kemudian cek apakah ada bensin yang mengalir di karburator.
2. Jika tidak ada bensin di karburator, kemungkinan penyebabnya adalah
●Tidak ada bensin di tangki alias bensin habis.
●Saluran dari tangki bensin ke karburator tersumbat.
●Saluran pembuang udara di tangki bensin tersumbat.
●Filter bensin tersumbat.
●Ada kesalahan di knop vacum.
3. Jika masih ada bensin, Kamu bisa melanjutkan dengan melepas busi. Pasang busi ke tutupnya dan letakkan ujung lainnya ke bodi mesin. Kemudian starter mesin dan lihat apakah busi memercikan api?
4. Jika ada apinya, Kamu bisa langsung menuju pada tahap ke-5. Namun jika ternyata tidak ada percikan api pada busi maka kemungkinan penyebabnya adalah:

●Busi tidak berkualitas.
●Busi kotor atau pecah.
●Bagian CDI dari pengapian sudah rusak.
●Koil rusak.
●Rangkaian dari koil penyalaan/ignition coil juga rusak.
●Kabel di koil penyalaan korslet atau cacat.
●Saklar utama rusak.
5. Cek tekanan kompresi. Jika masih normal, langsung ke langkah 6. Dan jika sama sekali tidak ada tekanan kompresi atau kompresinya rendah, maka kemungkinannya adalah sebagai berikut:
●Kopling starter rusak.
●Klep terlalu rapat.
●Setting klep kurang optimal.
●Klep terbakar.
●Timing klep salah.
6. Starter motor lalu cek apakah ada percikan api pada busi. Jika tidak ada percikan, langsung ke langkah 7. Namun jika ada percikan tetapi mesin tidak menyala, kemungkinannya adalah:
●Timing percikan kurang tepat.
●Sekrup regulator karburator rusak.
7. Lepas lagi busi dan cek apakah busi kering atau basah. Jika kering, kemungkinannya adalah:
●Campuran bensin dan udara terlalu miskin alias terlalu banyak udara.
●Pembukaan klep pembuka terlalu besar.
●Saringan udara kotor.






sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade