Cara perbaikan ringan sepeda motor
1. BATERE (aki)
Pemeriksan batere meliputintiga sasaran,yaitu ketinggian aki,jenis cairan,dan keadaan terminal.
Langkah-lanhkah servicenya:
a. Lepaskan terlebih dahulu kabel negative(-) aki,kemudian kabel positif(+).
b. Lepaskan aki dari rangka/dudukannya.
c. Pemeriksaan ketinggian cairannyaelektrolit.pastikan berada diantara garis lower dan upper,bila berada dibawah garis lower tambahkan air aki sampai tepat mencapai garis upper.
d. Pemeriksaa berat jenis cairan aki dengan menggunakan hydrometerstandar:
1.26 pada suhu 20 derajat celcius(type 6 voll).
1.28 pada suhu 20 derajat celcius(type 12 voll)
Bila hasil pengukuran hanya 1,22 pada suhu 20 d/cberarti aki diestrum
e. Periksa terminal aki apakah ada karat atau kotoran ,bersihkan dengan cara menyiram terminal dengan air panas.
f. Setah yakin aki dalam keadaan baik pasang aki dengan urutan pemasangan kebalikan dengan melepasnya.
g. Periksa kabel pipa ventilasi terpasang dengan baik.
2. SARINGAN UDARA
Bila elemen saringan udara tersumbat oleh debu,akan menghammbat masuknya udara yang mengakibatkan berkurangnya tenaga mesin dan bahan bakar menjadi boros.periksa dan bersihkan saringan udara dengan cara sebagai berikut:
a. Keluarkan saringan udara dari tempatnya dengan terlebih dahulu membuka sekrup penutupnya untuk jenis bebek diawali dengan membuka leg shild tengah,kiri,kanan.
b. Pisahkan saringan udaraa dari pemegangnya
c. Sediakan cairan pencuci (minyak tanah) pada saringan type basah.(air sabun) pada filter busa. (Filter kering) atau kertas cukup disemprotkan pada angin bertekanan.
d. Selanjutnya celupkan saringan udara dengan oli SAE 20-50 untuk jenis filter busa.
3. kerenggangan katup
Kernggangan katup yang berlebihan akan mengakibatkan katup bunyi berisik.sebaliknya bila kerapatan akan mengakiibatkan kurangnya tenaga mesin.
Kernggangan katup harus disesuaikan dengan type sepeda motor,ada beberapa jenis :
Type sport =0,10-0,15
Type matiq =0,10-0,15
Type bebk =0,3-0,7
Berikut ini adalh langkah langkah memperbaiki atau menyetel kerenggangan katup.
a. Cabut tutup kepala busi dan busi
b. Lepaskan tutup-tutup pemeriksaan katup
Catatn :penyetelan katup dilaksanakan pada saat piston berada di TMA saat langkah kompresi.
Pemeriksaan dilakukan pada saat mesin dalam keadaan dingin.
c. Lepaskan tutup pemeriksaan saat pengapian dan tutup cover generator/magnet.
d. Putar poros engkol dengan kunci T (sesuaikan ukuran dengan mur magnet).bwa piston padalangkah kompresi atau TMA patokan pemutan posisi sampai tanda “T”lurus pada tanda garis cover magnet.
e. Masukan tiknes gauge pada celah katup.
f. Penyetelan :
1.longgarkar mur pengunci dan masukan tiknes gauge pada celah dengan ketebalan tiknes sesuai spesifikasi sepeda motor bawaan pabrik.
2.stel celah katup dengan memutar sekrup penyetel menggunakan alat khusus (valve adjuster wrench).
3.setelah selesa menyetel kencangkan kembali mur pengunci skrup penyetel jangan ikut berputar sebab akan merubah posisi hasil pengukuran.
4. karburator
Bila membongkar karburator tidak perlu keahlian khusus yang terjadi dilapangn Cuma acting aja alias gaya-gayaan.
Langkah awal ialah membuka baut yang mengikat karbu dengan intake.dan buka baut klem pada filter,buka karburator dengan menyiapkan nampan berikut bensin.lepaskan baud skrup float chamber karbulator,lepas pelamppung,pilot jet dengan obeng (-),lepas main jet dengan (kunci 7 pas).bersihkan semuanya itu dengan memcuci pakai bensin lalu semprot dengan angin bertekanan.memasang kembali kebalikan dari pada membongkar.
Catatan :uurutkan setiap apa yang anda lepas dari awal sehingga memudahkan anda merakitnya kembali.
5. RANTAI RODA
Fungsional dari rantai meneruskan puteran mesin keroda.rantai harus dilumasi setiap 1000 km dan diperiksa kondisinya ssetiap 5000 km.kemungkinan adanya kerusakan :
• Pin kendor
• Roller rusak
• Mata rantai kering
• Rantai mulur
• Kadaluarsa
• Penyetel kendor
• Seal O-ring rusak
Apabia terjadi kerusakan pastikan anda sesegera mungkin untuk mengganti dengan rantai standart.
Pemeriksaan dan penyetelan
1. Kendorkan mur batang penahan panel
2. Kendorkan mur as belakang dan mur pengunci stelan rantai
3. Kendorkan tegangan rantai sepunuhnya dengan memutar baut penyetel rantai
4. Hitung 21 mata rantai.bila panjannya melebihi batas ganti rantai
Panjang rantai 20 mata: 319,4 mm(untuk sport)
: 259 mm(untuk bebek)
5. Sanggalah sepeda motor dengan penyangga tengah
6. Kendorkan baut penyetel rantai hingga tegangan rantai mencapai + - 25 mm pada bagian tengah diantara gear depan dan belakang untuk memastikan penyaman posisi kiri dan kanan untuk menjamin kelurusan roda antara depan dan belakang.
sumber:
Comments
Post a Comment