Bola Lampu Utama Motor Mio Sporty Tidak Nyala Meski Kawat Pijar Utuh



Berbagi pengalaman kali ini tentang bola utama motor yang tidak nyala meski kawat pijar dalam keadaan utuh. Kejadian ini dialami rekan kita pemilik Yamaha Mio Sporty lawas dimana sistem penerangan nya masih manual dengan tombol on off, tidak seperti motor keluaran baru yang sudah AHO (Automatic Headlamp On).

Jangan langsung diganti rekan-rekan semua, apalagi sampai menuduh komponen pendukung seperti fitting lampu rusak, kabel putus, saklar on off macet, kiprok jebol mau pun spull gosong. Pastikan dulu dari bola nya terlebih dahulu.

Cara sederhana untuk memastikan bola lampu dalam keadaan baik bisa dengan bantuan aki/accu. Bagian tapaknya yang lebar ditempelkan langsung ke negatif aki sementara pada tampuk bola yang bersentuhan fitting dihubungkan ke positif aki/accu.


Nah, pada kasus yang dialami rekan kita kali ini bola lampu tidak menyala meski kawat pijar nya masih dalam keadaan utuh. Setelah dipastikan bahwa persoalan terdapat pada bola lampu, langkah penggantian dilakukan dan fungsi penerangan lampu utama bekerja lagi sebagaimana mestinya.

Sedikit catatan saat menemukan kejadian bola lampu yang tidak nyala, pastikan dulu dengan cara deteksi sederhana. Jangan langsung percaya dengan kondisi kawat pijar yang dilihat secara diterawang. Apalagi sampai bingung mencari penyebab nya. Tapi jika diterawang kawat pijar terlihat jelas dalam keadaan putus, silahkan langsung ganti bola nya.

Sekian dulu rekan-rekan


sumber:
motorexpose.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio