Fungsi Memanasi Mesin Motor

PENJELASAN I
Salah satu perawatan mesin sepeda motor adalah dengan memanaskan mesin motor. Ini biasa dilakukan sebelum kita pergi ke suatu tempat dengan sepeda motor. Sebenarnya “pekerjaan” ini apa sih manfaatnya? Yuk kita simak artikel berikut ini agar anda lebih jelas tentang proses pemanasan mesin plus manfaatnya.
1. Untuk fungsi pelumasan 
Matinya mesin mengakibatkan matinya fungsi pelumasan. Fungsi pelumasan ini penting, di antaranya untuk mengurangi aus pada komponen-komponen yang bergesekan seperti gear ke gear, ring piston dengan dinding silinder, dan lain2. Semakin lama mati, semakin banyak oli yang berjatuhan atau kembali ke tempat penyimpanannya. Pastinya oli yang berada di bagian gear, piston dan sebagainya akan menipis. Bila mesin dinyalakan setelah mati cukup lama maka butuh waktu bagi oli untuk melumasi bagian-bagian gear atau bergesekan lainnya. Kalau agan2 main ngacir gitu aja, dengan pelumasan yang sedikit, gear2 bisa aus, ring piston bisa patah yang mengakibatkan kendaraan agan gbs jalan. Nah, ini adalah hal yang paling vital dalam pentingnya proses pemanasan. Tahukah anda, piston itu bergerak umumnya 50 putaran dalam 1 detik atau 3000 rpm, ini dalam keadaan statis (tanpa di gas). Jadi bagaimana kalau anda sedang membawa motor anda dengan kecepatan 100 km/jam ? Tentunya akan lebih dari 50 putaran dalam 1 detik. 


2. Untuk pembakaran yang lebih sempurna 
Sebelum mesin dinyalakan, bensin dan udara masih berada di tempatnya masing2. Sehingga dibutuhkan waktu pada proses pencampuran udara dan bahan bakar untuk memperoleh campuran yang pas antara bahan bakar dan udara sekitar 1 : 14,7 atau dalam ukuran liter dapat disebutkan 1 liter bensin secara ideal harus bercampur dengan 11500 liter udara. Beginilah cara pencampurannya, yang warna ungu itu bahan bakar dan hijau itu udara. Bahasa mudahnya: Motor dipanasin – Awalnya pencampuran udara belum stasioner, kalau bensinnya kebanyakan jadinya ngebul kalau udaranya yang kebanyakan kentut ( keluar bunyi petasan ) – Akhirnya setelah stasioner pencampuran udara menjadi lebih ideal – otomatis petasan dan ngebulnya semakin berkurang karena bahan bakar terbakar lebih sempurna. Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya. Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Wah jadi bagaimana dong? Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita, pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada tabel, bahwa CR mesin mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah 11 : 1 Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil AX kita tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 95, yaitu bensin Pertamax Plus. What !! :jedut2 Bagaimana Jika Diisi Bensin Dengan Oktan Lebih Rendah? Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii…. Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita dan isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut. Kesimpulan: Panasilah motor 2-3 menit sebelum pergi. Jangan lama2 juga karena bisa menyebabkan knalpot jadi berwarna keungu2an atw kecoklatan untuk knalpot yang berwarna silver atw terang. Hal ini disebabkan oleh terlalu panasnya knalpot karena udara hanya berputar disitu2 saja sehingga tidak terjadi proses pendinginan. Kenapa harus 2-3 menit? Itu karena mesin motor karena tergolong mesin kecil jadi fungsi pelumasan awaldgn tujuan agar pelumas merata ke semua bagian itu bisa berjalan seiiring dgn bergeraknya putaran mesin (atau dgn kata lain gak perlu lama pemanasan awal krn tidak pun gak jadi masalah tp emang dianjurkan untuk pemanasan awal sih ) Dan juga karena mesin motor termasuk wet lubricating atau sistem pelumasan basah artinya mesin terendam didalam minyak lumas atau dengan kata lain pelumasan awal/pemanasan gak terlalu urgensi. Lain hal dgn mesin2 diesel ukuran besar dimana terdapat sump tank dimana pelumasan awal sangat dianjurakan krn bagian mesin menjadi kering setelah mesin tersebut berhenti/mati krn kebanyakan mesin diesel ukuran besar menggunakan sistem dry lubricating. Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep. 

Tips: Motor yang gak dipake semaleman biasanya pelumasan di dalam mesinnya kurang… mau lebih bagus lagi, sebelum kunci di on kan… itu mesin di engkol2 dulu >5 kali… abis itu baru di kontak on.. panasin cukup 1-2 menit…atau sampe stasioner.. sehingga pelumasan sempurna… abis itu tancappppp… Ada baiknya ketika pemanasan memakai cara manual jangan memakai starter karena starter yang kita pakai menggunakan voltase kurang lebih 15.000 V, maka dari itu penggunaan starter yang terlalu sering dapat menyebabkan umur aki yang singkat. 


PENJELASAN II

Perlunya Memanaskan mesin sepeda motor sebelum dipakai

Mungkin anda masih ingat saat disekolah dulu,dimana guru olahraga selalu menekankan pemanasan sebelum melakukan olahraga yang sebenernya.Pemanasan bisa dilakukan dengan lari lari kecil,senam atau jalan ditempat.Bukan tanpa alasan,karena olahraga berat tanpa pemanasan bisa berakibat fatal.Otot,pembuluh darah dan jantung masih belum lemas,jika dipaksa secara spontan bekerja berat tentu akan terkejut.Akibat yang paling ringan adalah otot bisa mengalami kejang kejang,salah urat dan kram.Itu kalau tubuh manusia,lalu bagaimana dengan mesin sepeda motor?,,,Jika dilihat dari sistem kerjanya,itu tidak beda jauh seperti pada cerita diatas.Jadi akibat mesin yang dipakai beban berat sebelum dipanasin juga bisa tidak baik bagi mesin.

Anda mungkin sudah mengalami kesulitan menghidupkan mesin motor saat dipagi hari.Itu artinya mesin belum memenuhi standar suhu minimum agar bensin dan udara bisa tercampur dengan sempurna.
Agar mesin bisa berputar idel dengan langsam, mesin harus sudah memenuhi temperatur suhu minimum.Suhu ideal minimum yang disarankan adalah sekitar 70 - 80 derajat celcius.Untuk itulah mesin perlu dipanasin sebelum sepeda motor di pakai.

Sebelum mesin mencapai suhu minimum,tidak boleh digeber geber atau sepeda dibuat berjalan.

Kenapa demikian?,,,,Sebelum mencapai suhu tersebut keadaan olie masih dingin, sehingga olie belum bisa bersirkulasi dengan baik kepada seluruh bagian mesin yang berputar.

Cara pemanasan mesin sepeda motor

Hidupkan mesin,kalau agak sulit bisa menggunakan cuk supaya lebih mudah hidup.Menghidupkan mesin yang agak sulit dipagi hari setelah motor tidur adalah lumrah.Penyebabnya adalah belum tercampurnya bahan bakar dan udara dengan sempurna.Satu lagi,untuk menghidupkan motor habis tidur gunakan starter manual(kick starter),agar lebih mudah karena tekanan kompresi yang lebih besar.Selain itu,hal ini bisa  untuk menghemat aki dan motor starter.

Jika sudah hidup , biarkan motor berputar idel hingga terdengar langsam.Gunakan waktu pemanasan sekitar 1 sampa 2 menit sampai memenuhi temperatur mesin minimum (70-80 derajat celcius).Sebelum itu jangan coba coba terlalu menggeber mesin,karena bisa mengakibatkan onderdil mesin cepat aus.
Perlu diingat jangan terlalu lama juga,misalnya diatas 2 menit apalagi diatas 5 menit.Terutama untuk mesin berpendingin udara, karena pendinginan pada mesin mengandalkan udara saat motor berjalan.

Mesin motor yang telah dipanasin lebih mudah distart,bukaan gas terasa lebih ringan.Itu tandanya sirkulasi pelumas dan pencampuran bensin dan udara sudah berjalan dengan baik dan lancar.Sekarang sepeda sudah boleh anda geber atau dijalankan.
Jika anda selalu rutin dan sabar memanaskan mesin sebelum sepeda motor dipakai,saya yakin mesin motor anda akan lebih lama lagi untuk mengunjungi bengkel.






sumber:
gnitha.blogspot.com
www.spiderbeat.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade