Komponen CVT dan Fungsinya
Yang membedakan motor CVT / motor matic dengan motor transmisi manual adalah CVTnya.
ngomong-ngomong di dalam CVT ada apanya ya…
oke dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas tentang komponen CVT dan fungsinya.
komponen CVT dan fungsinya adalah sebagai berikut:
didalam CVT ada 4 komponen utama yaitu
1)primery sheave
2)v-belt
3)secondary sheave
4)gear reduksi
2)v-belt
3)secondary sheave
4)gear reduksi
1)-di primery sheave sendiri ada beberapa komponen pendukung yaitu
-fixed sheave
berfungsi sebagai penahan v-belt.komponen ini tidak bergerak.berbentuk piringan,biasanya bagian sisinya menyerupai kipas sebagai pendingin mesin.
-sliding sheave
komponen ini berfungsi menekan v-belt dalam putaran tinggi.karna sliding sheave ini dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri.
-collar
fungsinya adalah sebagai tempat dudukan dari fixed sheave,sliding sheave dan cam
-cam
fungsinya sebagai tempat dudukan slider
-slider
fungsinya sebagai pendorong roller yang roller sendiri akan mendorong sliding sheave.slider ini bergerak saat putaran mesin tinggi.
-roller
fungsinya sebagai penekan sliding sheave,cara kerjanya sesuai putaran mesin,apabila putaran mesin tinggi roller ini menekan sliding sheave dan begitu pula sebaliknya gaya di atas biasa di sebut gaya sentrifugal.
selanjutnya kita ke poin yang kedua,yaitu
2)-v-belt
fungsinya sendiri adalah sebagai penghubung antara sliding sheave dan secondary sheave yaitu meneruskan putaran mesin dari sliding sheave.biasanya v-belt ini memiliki gerigi-gerigi yang di rancang agar v-belt tidak terlalu panas akibat gesekan terus menerus.
poin selanjutnya adalah
3)-secondary sheave
didalam secondary sheave juga ada beberapa komponen penting yaitu
-sliding sheave
berfungsi menekan v-belt.perbedaan sliding sheave di secondary sheave dengan sliding sheave di primary sheave adalah tidak memiliki sirip.
-fixed sheave
berfungsi sebagai penahan v-belt atau bagian statis.
berfungsi sebagai penahan v-belt atau bagian statis.
-per
berfungsi sebagai pendorong sliding sheave
-torque cam
berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada saat motor memerlukan akselerasi.
-clutch housing
biasa disebut rumah kopling fungsinya adalah penerus putaran dari v-belt ke poros roda
-sepatu kopling
fungsinya adalah sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang.sistem kerjanya model sentrifugal yaitu bekerja sesuai putaran tinggi redahnya.
poin terakhir adalah
4)-gear reduksi
fungsinya sendiri adalah sebagai menyeimbangkan putaran mesin dengan roda.selain itu juga sebagai pendongkrak tenaga.bisanya ada oli khusus untuk melumasi gear agar mengurangi gesekan.
sumber:
Comments
Post a Comment