Sistem Injeksi YMJet-FI pada Yamaha Mio J
Yang membedakan sistem ini adalah perbedaan dijalur suplai udara. Yamaha membagi 2 jalur suplai udara, yaitu jalur pipa kecil (Air Assist Pasage) dan jalur pipa besar (Main Air Pasage). Udara dihembuskan ke ruang bakar melaui satu dari kedua jalur ini, tergantung dari kebutuhan yang dideteksi dari Rpm mesin. Jika Rpm berkisar antara 5000 kebawah, maka udara akan disalurkan ke ruang bakar melalui saluran pipa kecil (Assist Air Pasage), sedangkan saat Rpm di 5000 ke atas, m,aka udara akan disalurkan melalui saluran besar (Main Air Pasage)
Untuk membagi alur udara ini, digunakan kombinasi pintu gerbang, yaitu katup downstream dan katup upstream. ECU akan mendeteksi besaran Rpm Motor dari sensor. Ketika Rpm dibawah 500, ECU akan mengatur Katup Downstream menutup dan katup upstream membuka, sehingga udara masuk melalui saluran Assist Air Pasage. Dan ketika gas di geber, udara masuk melaui saluran Main Air Pasage karena katup Downstream membuka. Sistem diatas mirip dengan sistem karburator, tapi bedanya dikarburator itu yang diatur bahan bakarnya bukan udaranya, jika putaran rendah bensin disemprotkan melalui sekunder jet, dan ketika putaran tinggi bensin disemprotkan melalui premier jet/main jet.
Sumber keborosan motor skutik adalah diputaran rendah sampai menengah, Logikanya kalo motor biasa/sport dengan Rpm rendah, motor sudah bisa jalan, tapi kalo motor skutic/matic kalo gas belom digeber, ya motor belom mau jalan.Oleh karena itu saat Rpm rendah sampai mau jalan, udara masuk melalui saluran yang kecil dengan tujuan biar irit, dengan ditunjang oleh sistem pengabutan bahan bakar oleh injector yang dibuat sangat kecil jadi pembakaran lebih sempurna
sumber:
agungwibowo92.blogspot.com
Comments
Post a Comment