Bagi yang ingin melakukan penyetelan klep motor sendiri hal pertama yang harus dipahami yaitu posisi piston harus berada pada titik mati atas (TMA) pada akhir langkah kompresi. Biasanya di istilahkan dengan "TOP", jika sudah didapat maka penyetelan celah klep baru boleh dilakukan. Berikut kita kupas sekilas cara menentukan TOP sebelum stel klep, dimana beberapa point penting yang harus dilakukan yaitu : Memutar poros engkol, melihat tanda pada lubang intip dan sejajarkan tanda pada gigi Kem / Noken As. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih dalam. Memutar poros engkol bisa dilakukan dengan bantuan kunci sok, sambil melihat tanda yang terdapat pada magnet melalui lubang intip yang terdapat dekat lubang kita memutar poros engkol. Dari lubang intip akan terlihat dua buah tanda, satu tanda pengapian dan satu nya lagi tanda untuk piston berada pada titik mati atas. Agar tidak keliru, kita perhatikan gambar berikut ini. Tanda yang diberi lingkaran kuning adalah tand
Rekan-rekan... sebagaimana kita ketahui bersama, cuk atau "choke" pada sepeda motor berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar agar motor bisa dengan mudah nyala pada kondisi mesin dingin... yup, biasanya digunakan pada saat menyalakan motor pada pagi hari. Lain pabrikan sepeda motor, beda pula desain cuk yang digunakan tapi fungsinya tetap sama dimana aliran udara ditutup sehingga bahan bakar yang masuk lebih banyak dibandingkan udara pada kondisi cuk tidak difungsikan. Kali ini yang menjadi sorotan adalah posisi cuk Yamaha Vega ZR dimana tuas untuk menggunakan nya terdapat pada sebelah kiri tebeng bagian dalam. Berbeda dengan produk bebek Yamaha biasanya, Vega ZR tidak menggunakan cuk yang difungsikan dengan tali atau kabel... tapi berupa tuas dimana keberadaan nya sangat jelas terlihat pada saat kita diposisi mengendarai dan mudah dijangkau. Bagi yang memiliki motor Vega ZR hal ini bukan barang aneh tapi bagi yang tidak punya, hmmm... ada baiknya juga mengetahui
Rekan-rekan... aktivitas jual beli motor bekas bisa dilakukan untuk menambah omset bengkel, hitung-hitung bisa mengisi waktu luang disaat orderan sepi mau pun menunggu pelanggan datang. Keuntungan yang bisa didapat terkadang lumayan, tergantung kondisi motor yang dibeli untuk diperbaiki kembali agar layak dijual kembali dengan harga yang bagus. Hal terpenting yang harus dipastikan saat ingin membeli motor bekas baik untuk dipakai mau pun untuk dijual adalah kecocokan nomor mesin dan rangka dengan surat-surat kendaraan. Jadi jangan tergiur dengan kondisi motor bekas yang bagus tapi nomor mesin atau rangka tidak sesuai dengan yang seharusnya. Dari pada berujung petaka, lebih baik teliti sebelum membeli dan urungkan niat untuk memboyong motor yang tidak beres identitasnya. Kebetulan ada motor bekas yang baru dibeli untuk diperbaiki di bengkel, yuk...kita lihat dimana letak nomor rangka dan mesin Honda New Blade sebagai contohnya. Letak nomor mesin Honda New Blade langsiran 2013 i
Comments
Post a Comment