Cara Mengatur Mode Altitude Motor Honda Injeksi

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara setting mode altitude (setting ketinggian) pada motor honda. dari Mode 1 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.

a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)

Persiapkan alat-alat yang diperlukan, yaitu : Obeng kembang dan seuntas kabel
Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seuntas kabel untuk menjumper Pin pada  DLC. Berikut  cara mengatur mode altitude motor honda :

1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga, motor yang belom disebut cari tau sendiri ya. hehehe

2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.

loading...



3. Stel Mode Altitude

A. MODE #1 :

       - Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
       - Putar kunci kontak ke OFF
       - Pastikan DLC sudah dijumper
       - Buka handle gas penuh, dan tahan
       - Putar kunci kontak ke posisi ON
       - MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat.
       - Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat, tutup handle gas, dan tahan selama lebih dari 3 detik

Catatan :
Jika MIL tidak mulai berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi
Jika anda tidak dapat mengulang kembali prosedur, periksa ulang apakah kode kerusakan tidak tersimpan di ECM
Jika kode kerusakan tidak tersimpan akan tetapi anda masih tidak dapat mengulang lagi prosedur, ganti ECM dengan yang bagus dan coba lagi.
Jika MODE #1 berhasil diatur, MIL akan berkedip-kedip dengan satu kedipan pendek berulang. Jika pola berhasil terlihat, putar kunci kontak ke posisi OFF
Lepaskan kabel yang terpasang di socket DLC, dan rapikan bodi kendaraan
Periksa putaran stasioner (Standar 1700 Rpm pada suhu 20 derajat celsius)
MODE #2/3/4 :
      - Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
       - Putar kunci kontak ke OFF
       - Pastikan DLC sudah dijumper
       - Buka handle gas penuh dan tahan
       - Putar kunci kontak ke posisi ON, MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat dimulai, hentakan handle gas dengan cepat (tutup selama 0,5 detik/buka selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, kemudian tutup dan tahan selama lebih dari 3 detik.
       - Jika MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi

Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya

MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali







sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade