Cara Menyetel Klep Satria Fu
Klep atau katup komponen yang paling peting di motor bakar, katup dalam sebuah mesin memiliki fungsi untuk mengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran yang nantinya akan di buang melalui lubang knalpot. Untuk celah antara katup dengan pelatuk (rocker arm) harus disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya untuk sepeda motor celah katupnya yakni 0.05 mm sampai 0.15 mm.
Untuk cara bagaimana mengukurnya yakni biasanya menggunakan alat yang namanya feeler gauge. Lalu apa akibatnya bila ukuran celah katup terlalu besar atau juga terlalu kecil?? Bila kita bayangkan secara logika, apabila katup masuk terlalu besar maka dalam hal ini pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat menekan katup tersebut, sehingga katup/klep akan menjadi terlambat untuk dapat membuka dan ujungnya atau akibatnya jumlah campuran bahan bakar pun yang masuk kurang dari seharusnya.
Dalam masalah tersebut anda dapat bisa ketahui dengan terdengar suara seperti gemercik dari bagian atas mesin yakni pada kepala silinder. Sedangkan apabila celah katup kecil atau terlalu sempit maka hal tersebut kebalikan dari celah katup yang terlalu besar. Bila celah katup terlalu sempit anda juga dapat mengetahuinya dengan terlihatnya seperti asam hitam pada intake manifoldnya atau gas buang. Nah pada intinya apabila penyetelan celah pada katup tidak sesuai maka akan berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.
Dalam hal ini pada sebagian besar untuk konstruksi katup sepeda motor menggunakan rocker arm, dengan begitu penyetelannya dengan menggunakan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Akan tetapi ada juga yang sudah menggunakan model shim untuk melakukan penyetelan celah katup yang salah satunya yakni pada motor satri fu, nah pada shim tersebut telah memiliki ketebalan yang berbeda-beda anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan anda.
Yang salah satu apabila akan anda gunakan untuk perjalanan jauh seperti hobinya dengan touring mungkin lebih baik dengan menggunakan celah katup yang agak renggang, pasalnya setelah tersebut mempunyai tarikan yang terbilang lumayan ringan. Nah untuk menentukan ukuran shim yang akan anda gunakan pada motor satria fu lihat table berikut ini.
Cara Menyetel Klep Satria Fu 150
Nah berikut ini langkah-langkah dalam cara menyetel celah katup pada motor Suzuki satri fu 150, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.
Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Menyetel Klep Satria Fu semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber:
www.teknikotomotif.com
Untuk cara bagaimana mengukurnya yakni biasanya menggunakan alat yang namanya feeler gauge. Lalu apa akibatnya bila ukuran celah katup terlalu besar atau juga terlalu kecil?? Bila kita bayangkan secara logika, apabila katup masuk terlalu besar maka dalam hal ini pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat menekan katup tersebut, sehingga katup/klep akan menjadi terlambat untuk dapat membuka dan ujungnya atau akibatnya jumlah campuran bahan bakar pun yang masuk kurang dari seharusnya.
Dalam masalah tersebut anda dapat bisa ketahui dengan terdengar suara seperti gemercik dari bagian atas mesin yakni pada kepala silinder. Sedangkan apabila celah katup kecil atau terlalu sempit maka hal tersebut kebalikan dari celah katup yang terlalu besar. Bila celah katup terlalu sempit anda juga dapat mengetahuinya dengan terlihatnya seperti asam hitam pada intake manifoldnya atau gas buang. Nah pada intinya apabila penyetelan celah pada katup tidak sesuai maka akan berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.
Dalam hal ini pada sebagian besar untuk konstruksi katup sepeda motor menggunakan rocker arm, dengan begitu penyetelannya dengan menggunakan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Akan tetapi ada juga yang sudah menggunakan model shim untuk melakukan penyetelan celah katup yang salah satunya yakni pada motor satri fu, nah pada shim tersebut telah memiliki ketebalan yang berbeda-beda anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan anda.
loading...
Yang salah satu apabila akan anda gunakan untuk perjalanan jauh seperti hobinya dengan touring mungkin lebih baik dengan menggunakan celah katup yang agak renggang, pasalnya setelah tersebut mempunyai tarikan yang terbilang lumayan ringan. Nah untuk menentukan ukuran shim yang akan anda gunakan pada motor satria fu lihat table berikut ini.
Cara Menyetel Klep Satria Fu 150
Nah berikut ini langkah-langkah dalam cara menyetel celah katup pada motor Suzuki satri fu 150, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.
- Hal yang pertama yang dilakukan anda harus lepaskan terlebih dahulu pada tutup silinder dengan melepas baut yang berjumlah 4 buah.
- Kemudian langkah berikutnya posisikan piston pada posisi titik mati atas (TMA) dan dalam kondisi kompresi yang ditandai dengan kedua katup dalam kondisi bebas dan dipastikan juga pada lubang blok magnet tepat pada tanda huruf T.
- Setelah anda selesai mengatur piston berada di TMA, sekarang anda siapkan alat yang bernama feeler gauge dan ukurlah celah katup dengan menyisipkannya di bawah cam shaft (noken as).Cara Menyetel Klep Satria Fu
- Pada celah katup Suzuki satria fu standarnya yakni 0,1 hingga 0,2 mm dan untuk ukuran katup IN. Sedangkan pada katup EX yakni berukuran 0,2 hingga 0,3 mm (posisi mesin dalam keadaan dingin).
- Apabila anda menemukan celah yang tidak sesuai, anda dapat lepaskan rumah shim dan noken as nya, perhatikanlah angka yang berada di shim kemudian ganti dengan yang sesuai ukuran.
- Sebagai contoh: pada celah terukur 0,05 sedangkan ukuran standarnya yakni 0,1 dan shim yang digunakan dengan ukuran 1.80 maka supaya celah menjadi 0,1 mm maka pada shimnya dig anti dengan ukuran yakni 1.75.
Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Menyetel Klep Satria Fu semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber:
www.teknikotomotif.com
Comments
Post a Comment