Penyebab dan Solusi Motor Brebet Di Putaran Atas

Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas “Wajib Baca”

Penyebab Motor Brebet – Dalam hal ini motor suaranya tersendat-sendat atau bahasa lainnya brebet itu terjadi karena proses pembakaran mesin tidak terjadi secara lancar “terputus-putus” masalah ini dapat timbul ketika motor digas dan ketika di RPM tinggi.
Lantas apa penyebabnya ?? lalu bagaimana cara mengatasinya ?? nah diulasan kali ini kami akan memberikan ulasannya secara detail semua hal yang berpotensi menyebabkan motor tersendat-sendat beserta cara memperbaikinya. Secara umum mesin brebet terjadi akibat adanya perbandingan komposisi didalam ruang bakar yang tidak sesuai standar. Kita tahu syarat sebuah mesin dapat bekerja adalah udara, bensin dan api. Kalau salah satu memiliki perbandingan yang tidak pas maka pembakaran bisa tidak terjadi.

Penyebab & Solusi Motor Mengalami Brebet Di RPM Tinggi

Kita tahu untuk terjadinya pembakaran memerlukan tiga syarat utama yakni bensin, udara dan api. Saat kalian menghidupkan mesin pada RPM rendah, kemudian mesin bekerja dengan normal maka ketiga syarat tersebut berada pada komposisi yang pas. Namun saat motor digas kemudian brebet, maka ada perbedaan perbandingan komposisi yang mesti di perbaiki. Adapun beberapa penyebab motor brebet adalah sebagai berikut:

Main Jet Yang Mampet

Untuk hal demikian kita menujua syarat yang pertama yakni pada bahan bakar, bahan bakar motor umumnya berjenis bensin. Idealnya, rasio antara molekul bensin dana udara yakni 14-15 : 1. Saat motor digas, jumlah udara yang masuk ke mesin akan meningkat. Begitu pula dengan suplai bensin. Namun digas pada RPM berapapun perbandingan bensin dan udara harus tetap sama.
Apabila terjadi perbedaan misal terlalu kaya ( >15 : 1 ) atau terlalu miskin ( <14 : 1 ) maka mesin akan brebet bahkan mati. Lantas mengapa perbandingan bensin pada karburator bisa berubah saat motor digas ?? Ada banyak penyebab, salah satunya saat main jet tersumbat oleh kotoran. Fungsi main jet adalah sebagai ujung saluran bensin pada karbu yang dijadikan tempat keluarnya benisn dalam saluran intake. Jik saluran ini tersumbat otomatis suplai bensin akan terhambat.
Penyebab yang lainnya, bisa kita temui pada setelan angin karburator yang terlalu kecil. Kalau setelannya kecil, maka aliran udara dan bensin yang masuk keruang bakar ketika idle juga menjadi kecil akibatnya mesin brebet bahkan mati. Untuk kasus ini hanya terjadi ketika motor brebet pada RPM rendah.
Solusi untuk masalah ini mudah, kalian hanya perlu membersihkan kondisi karburator menggunakan bensin. Jika kalian memiliki cukup pengetahuan kalian juha bisa sekalian membongkarnya. Tapi untuk langkah praktisnya sumbat saluran udara sebelum karbu menggunakan telapak tangan, kemudian sela mesin motor beberapa kali. Hisapan piston akan meluruskan semua kotoran yang menyumbat main jet.

Filter Udara Mampet Karena Terlalu Kotor

Saat aliran udara menuju mesin terhambat, langkah piston cenderung lebih berat. Ketika kalian memaksa pada RPM tinggi, hisapan piston justru akan  menyedot aliran bensin karena terjadi kevakuman pada area setelah sumbatan, sehingga campuran akan lebih kaya. Hambatan ini biasanya terjadi pada area filter. Filter udara yang kotor akan menyebabkan penumpukan debu pada permukaan filter. Debu-debu itu akan menghambat aliran udara menuju ke dalam mesin.
Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas
Cara mengatasinya kalian harus rutin membersihkan filter udara. Selain dari hambatan aliran udara, udara yang bercampur debu bisa menjadi pemicu mesin brebet. Debu-debu ini dalam jumlah kecil memang tidak terlalu berefek. Tapi dalam waktu lama, kotoran yang ikut terbakar akan meninggalkan kerak didalam mesin, sehingga berpotensi mengganggu kinerja mesin. Untuk masalah ini kita hanya perlu menjaga kebersihan filter udara motor dengan rutin membersihkannya dalam kurun interval maksimal 5 ribu km.

Api Busi Terlalu Kecil

Api pada mesin motor dihasilkan dari proses elektronika pada busi. Besarnya api yang dihasilkan oleh busi bisa mempengaruhi kinerja mesin motor kalian. Tegangan listrik pada busi bisa mencapai 20 KV, namun output pada busi bisa berbeda. Saat api yang keluar dari busi kecil, maka mesin bisa brebet atau tersendat-sendat, namun ketika api terlalu besar, suara mesin jadi lebih kasar.
Busi sudah memiliki resistor, fungsi resistor ini ialah untuk mencegah adanya api berlebih di elektroda busi. Namun saat hambatan pada resistor itu meningkat, otomatis tegangan output jadi lebih kecil. Hal ini menyebabkan api yang keluar terlalu kecil, panas bisa memperbesar hambatan listrik.
Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas
Untuk itu saat motor kalian brebet di putaran tinggi cobalah untuk melepas busi. Setelah itu, tancapkan busi yang terlepas ke kabel busi seperti normal. Tempelkan ulir busi ke blok silinder “masa baterai”, posisikan kunci kontak pada posisi ON dan start mesin. Maka akan keluar percikan dari elektroda busi.
Jika api kecil, maka letak permasalahan mesin brebet ada dibusi, cara mengatasi busi ini yakni coba untuk membersihkan elektroda busi dari kerak dan kotoran. Namun jika api yang keluar masih kecil juga, maka ganti dengan busi yang baru. Masalah internal busi akan sulit untuk diperbaiki.

Air Didalam Tanki Bensin

Air itu bukanlah bahan bakar dan air juga tidak bisa bercampur dengan bensin. Saat ada molekul air masuk kesistem bahan bakar, maka air tersebut juga berpotensi masuk ke ruang bakar melalui karburator. Akibatnya hanya sedikit bensin yang masuk ke ruang bakar “karena sebagian tergantikan oleh molekul air”, akibatnya saat busi menyela, pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Inilah yang menimbulkan mesin brebet.
Untuk solusinya kalian perlu menguras air didalam tanki bensin, air ini dapat masuk kedalam tanki saat kita mencuci motor atau ketika kita berkendara dalam kondisi hujan. Ketiga hal diatas, merupakan penyebab utama motor mengalami brebet khususnya saat RPM tinggi, agar kita bisa terhidar dari masalah ini, penting untuk melakukan perawatan.

Deposit Di Dalam Ruang Bakar

Terkadang semua sistem baik sistem bahan bakar, sistem air induction dan sistem pengapian dalam kondisi OK. Namun ada satu lagi masalah yang perlu diperhatikan yakni kerak atau deposit hasil pembakaran yang tidak sempurna. Saat terjadi pembakaran yang kurang sempurna didalam mesin, maka hasilnya berupa CO dan ada sedikit deposit yang melekat pada dinding silinder. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, deposit ini bisa mengotori busi dan daun katup. Sehingga api busi menjadi kecil serta udara yang masuk kedalam ruang bakar juga berkurang, inilah yang menimbulkan mesin motor kalian brebet.
Solusinya ketika kalian melakukan tune-up pastikan untuk membersihkan ruang bakar memakai carbon cleaner atau sejenis. Cairan ini akan membantu meluruhkan kerak dan deposit didalam ruang bakar sehingga ruang bakar bersih dan performa mesin juga kembali normal.

Tekanan Bensin Rendah “Khusus Motor Injeksi”

Khusus pada motor injeksi kalian juga perlu mewaspadai fuel pump pada motor kalian. Fuel pump berfungsi memompa bensin kedalam injektor, sehingga ketika injektor terbuka bensin bisa langsung keluar ke intake manifold. Namun besar tekanan bensin juga mempengaruhi jumlah bensin yang dikeluarkan saat itu. Dan yang terjadi ketika kita motor berada pada RPM tinggi, perlu asupan bensin dan udara yang lebih banyak. Karena fuel pump lemah maka fuel pump tidak mampu menekan bensin lebih kuat ke injektor. Sehingga bensin yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit dan motor akan tersendat-sendat.
Cara mengatasinya kita perlu terlebih dahulu mengecek berapa tekanan bahan bakar motor kita menggunakan alat khusus. Lalu kalau ternyata kurang berarti kita perlu mengganti fuel pump tersebut. Kalau tekanan dari fuel pump masih normal, mungkin ada sumbatan pada jalur bahan bakar. Sumbatan ini bisa terletak pada filter bensin yang kotor. Maka kalian harus membersihkan filter tersebut agar tidak menyumbat.
Tips merawat mesin agar tidak brebet sebagai berikut:
  • Rutin membersihkan filter udara
  • Pakai bahan bakar dengan oktan tinggi “pertalite”
  • Cek dan bersihkan filter bensin
  • Gunakan busi dengan spesifikasi yang sesuai dengan motor kalian
  • Perhatikan saat akan mencuci motor, jangan sampai air masuk ke sistem bahan bakar
Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Solusi,, Motor Brebet Di Putaran Atas semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.





sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade