Akibat Telat Ganti Oli Mesin pada Motor

P1050682




Buat kang bro yang sering nggak ada waktu untuk service motor,kang ari sarankan cukup ganti oli dulu dari pada kejadian seperti motor mio tahun 2004 ini,tiap hari dipakai kerja rata2 sehari bisa jalan 60km tapi ganti oli tiap 4 bulan,dan alhasil lihat gambar2 dibawah ini. ” Ganti Oli Mesin Wajib Hukumnya. ”.

Untuk pedoman service coba kang bro baca disini ” Pedoman Sebelum Service Di Bengkel. ” ”

Berikut spyshotnya…

Tanda2 motor jarang service,kondisi karburator sangat kotor,kotoran yang nempel dimoncong karburator sangat tebal.

pizap.com13687720974841

Setelah dibongkar,kondisi piston hitam pekat,tandanya ring piston sudah bocor dan oli terbakar.Kondisi kerak karbon yang menempel di klep juga sangat tebal.

pizap.com13687724560312

Kondisi camshaft/noken as aus dan bearingnya oblak karena pelumasan yang kurang.

pizap.com13687723525151



Kondisi guide stopper atau lidah keteng sampai pecah karena tidak kuat oleh kondisi over heat.

pizap.com13687722013282

Lihat kondisi crankshaft dan stang piston,gosong karena oli hampir habis jika sudah begini maka bearing kruk as oblak dan mulai bunyi .

P1050682

Dan parahnya lagi konsumen tidak mau ganti piston karena kondisi dana, jika perawatan rutin maka tidak akan mengeluarkan dana sampai jutaan hanya untuk service motor,ya kan kang bro ?

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio