Penyebab Nyala Lampu Motor Redup

P1050543

Lampu termasuk fasilitas fital saat berkendara apalagi saat jalan dimalam hari,bahkan sekarang sudah berlaku sistem AHO yang notabene malah membuat bohlam cepat putus apalagi yang pakai tegangan AC di lampu depan pasti bohlam jadi sering putus karena sistem tegangan AC yang naik turun sesuai rendah tingginya RPM,karena tegangan yang tidak stabil maka bohlam cepat putus.Jika bohlam cuma putus maka hanya perlu ganti bohlamnya saja,tapi pernahkah kang bro pernah mengalami nyala bohlam cuma redup tidak seterang biasanya.Bohlam sudah diganti baru tapi tetap redup,mau tahu jawabannya ?


Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada motor yang usianya sudah tua bisa 5 tahun keatas itupun terjadi pada motor yang menggunakan tegangan AC pada lampu depannya,jika pakai tegangan DC maka nyala lampu akan tergantung dari kondisi aki.Jika aki soak maka nyala lampu juga ikut redup,lalu apa ciri2nya antara nyala lampu AC dengan DC ? untuk nyala lampu AC,lampu akan menyala jika motor dihidupkan,kondisi motor mati maka lampu nggak akan hidup.Sedangkan lampu DC akan nyala asalkan saklar lampu dipencet ON atau kunci kontak ON untuk AHO  meskipun motor kondisi mati.

Beberapa faktor kenapa nyala lampu bisa redup untuk tegangan AC :

1.Kondisi bohlam yang sudah lama/hampir putus,biasanya akan redup dulu nyalanya,Untuk mengeceknya coba diganti bohlam yang baru jika nyalanya terang maka hanya bohlamnya yang bermasalah.

2.Kondisi mika lampu yang mulai buram(tidak jernih),jika kondisi mika lampu sudah buram maka nyala lampu yang dihasilkan tidak bisa terang karena terhalang oleh kondisi mika yang sudah tidak bisa meneruskan nyala lampu dengan maksimal.Cara pengecekannya,coba kang bro lepas soket bohlamnya lalu lampu dinyalakan tanpa menggunakan mika lampu (headlight) jika nyala lampu terang maka cukup ganti mika lampunya/headlight assy (rumah lampu).Jika memang mikanya yang sudah buram kang ari sarankan beli headlight yang assy karena untuk yang KW selain kualitasnya jelek dan mikanya gampang meleleh,mikanya juga cepat buram,biasanya umur baru 1tahun sudah buram.

3.Kiprok sudah rusak,ada dua jenis kerusakan kiprok untuk nyala lampu,yang pertama kiprok konslet (over charging ) ciri2nya semua bohlam putus pada saat diganti bohlam baru langsung putus lagi,karena kondisi normal tegangan yang keluar dari kiprok maksimal 12v jika kiprok konslet tegangan yang keluar bisa lebih dari 12v bahkan sampai 20v lebih,karena bohlam hanya mampu menerima tegangan maksimal 12v jika lebih dari 12v maka bohlam akan putus.Yang kedua kiprok sudah lemot,inilah yang membuat nyala lampu jadi redup karena kerja kiprok sudah tidak maksimal lagi,biasanya tegangan yang keluar dari kiprok dikisaran 5v walaupun motor sudah digeber2.

4.Jika kiprok sudah diganti tapi nyalanya masih redup maka hanya tersisa satu yaitu spul,biasanya jika spul sudah konslet atau kerjanya sudah tidak bisa maksimal bisa terjadi pada umur motor yang sudah tua atau 5 tahun lebih.

Dari 4 faktor diatas yang lebih sering terjadi dilapangan karena kondisi kiprok yang sudah lemah,seperti kejadian dibengkel kang ari ini,terjadi pada motor FIZ-R tahun 1997.Kondisi kiproknya sudah lemah setelah kang ari ganti kiprok nyalanya langsung terang,lihat ganbar dibawah ini,

pizap.com13681006074952


Semoga bermanfaat,

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade