Pedoman Sebelum Service Motor di Bengkel

Hari saatnya service nich,sebelum kang bro pergi ke beres masing2 atau bengkel langganan kang bro mungkin tulisan kang ari bisa berguna buat kang bro.Kita harus tahu kapan waktunya ganti sparepart fast moving (sparepart cepat habis karena dipakai ).Jangan sampai sparepart belum waktunya ganti  dan kondisi masih bagus sesampai dibengkel disurh ganti sama mekanik2 yang nggak bertanggung jawab(cari untung gedhe).


Berikut ini kang ari kasih sedikit fungsi masing setiap part dan masa waktu maksimal penggantian kang bro,tentang part2 yang sering di ganti saat service rutin.
V-BELT
FUNGSI: MERUPAKAN ALAT PEMINDAH DAYA
SARAN: UNTUK KEAMANAN BERKENDARA GANTILAH MAKSIMAL PEMAKAIAN 25.000 KM
AKIBAT: TENAGA MESIN BERKURANG DAN JIKA TERLALU LAMA BISA PUTUS

FILTER UDARA
FUNGSI: ALAT UNTUK MENYARING KOTORAN/DEBU SEBELUM MASUK KE RUANG BAKAR
SARAN: GANTI MAKSIMAL 15.000 KM ( TIPE BASAH ) – 10.000 ( TIPE KERING )
AKIBAT: BENSIN JADI LEBIH BOROS DAN TENAGA BERKURANG

KAMPAS REM
FUNGSI: MEMPERLAMBAT LAJU KENDARAAN ( PENGEREMAN )
SARAN: PERIKSA SETIAP 3000 KM UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEAUSAN
AKIBAT: REM BERDECIT DAN TROMOL / DISK BRAKE AUS

RANTAI
FUNGSI: ALAT UNTUK PEMINDAH DAYA
SARAN: PERIKSA KEKENCANGAN SECARA RUTIN DAN GANTI MAKSIMAL 10.000 KM
AKIBAT: PUTARAN RODA JADI LEBIH BERAT DAN SUARA MENJADI KASAR

BUSI
FUNGSI: ALAT UNTUK MEMBAKAR CAMPURAN BAHAN BAKAR DI RUANG BAKAR
SARAN: GANTI SETIAP 5.000 KM
AKIBAT: TENAGA MESIN BERKURANG DAN JIKA TERLALU LAMA MOTOR MOGOK

OLI MESIN
FUNGSI: MELUMASI PART-2 DI DALAM MESIN
SARAN: OLI MESIN GANTI MAKSIMAL 2.000 KM DAN OLI GARDAN MAKSIMAL 9.000 KM
AKIBAT: TENAGA MESIN BERKURANG DAN JIKA TERLALU LAMA PART 2 DALAM MESIN AUS

FILTER OLI
FUNGSI: MENYARING KOTORAN-2 YANG BERCAMPUR OLI DI DALAM MESIN
SARAN: GANTI SETIAP 9.000 KM
AKIBAT: JIKA TERLALU LAMA PART-2 DI DALAM MESIN CEPAT AUS

AIR RADIATOR
FUNGSI: MEMBANTU PENDINGINAN MESIN
SARAN: GANTI SETIAP 9.000 KM
AKIBAT: TENAGA MESIN BERKURANG DAN MESIN CEPAT PANAS

Pada saat mekanik penggatian sparepart pastikan bahwa kang bro melihat kondisinya secara langsung dan pastikan pula memang kondisi sparepart tersebut masih layak pakai atau memang sudah waktunya ganti.Selain oli yang wajib diganti jangan sampai piringan cakram/disc brake dan tromol aus karena kampas rem sudah habis.



Jadi kang bro ,,,, jgn sampai kita ketipu oleh oknum2 bengkel tapi kita juga tidak boleh mengabaikan kondisi motor kita agar kita nyaman dan saat berkendara.

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Letak Nomor Mesin dan Rangka Motor Honda New Blade