Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK
Dua tahun belakangan ini pabrikan motor jepang terutama yamaha dan honda saling memamerkan teknologi yang katanya paling canggih dan paling banyak fiturnya di motor masing2,,,’’motor injeksi ane canggih,keren,bisa kedip2 klo sakit’’ kompetitor nggak mau kalah,,’’kerenan motor gw dunk streetfighter,eye catching,injeksi tapi murah….’’.Konsumen bisa bingung mo pilih motor yang mana,,,terutama yang belum melek sama teknologi injeksi,,,sales Y bilang ,,,’’teknologi motor ane canggih pak murah dan plg laris,,,,’’ pindah ke sales H bilang ‘’motor gw diskon besar pak,injeksi lagi’’ konsumen sampai rumah bisa tepuk jidat sambil bilang’’mooooddiiar’’
Kali ini kang ari mau mengulas hal yang mungkin jadi salah satu kelemahan dimotor injeksi.Kang ari di artikel ini akan buka dulu dari motor yamaha dan artikel besok akan bahas motor honda.Begini kang bro,kang ari kasih bocoran bahwa motor injeksi punya salah satu kelemahan yaitu di akinya kang bro,,,,kenapa aki bisa menjadi salah satu kelemahan ??? kang bro bisa buktikan sendiri,,kalau kang bro sudah punya motor injeksi lepas akinya lalu ganti aki yang sudah soak,,,,,,, jangan harap motor kang bro bisa jalan,,,bernafas saja sulit apalagi bisa hidup.
Motor yang masih pakai karburator apalagi yang pengapiannya AC kalau diselah masih bisa hidup nggak peduli akinya soak atau akinya dicolong maling,hehehe,,,,kang ari dapat bocoran bahwa dimotor injeksi yamaha jika akinya soak maka motor akan mogok sebenarnya motor honda juga begitu tapi sekarang kita bahas yamaha dulu ya kang bro,,,, bukan berarti aki soak motor langsung mogok,,,,,masih ada batas toleransi besarnya tegangan di aki kang bro,,,untuk motor matic yamaha (mio j,mio gt,soul gt dan xeon rc) motor bisa mogok jika tegangan di aki kurang dari 10volt,jupiter z1 juga sama jika tegangan aki kurang dari 10volt motor bisa mogok,untuk new vixion kurang dari 6,5volt dan beda untuk old vixion,,,motor old vixion tanpa aki masih bisa hidup dan jalan kalaupun akselerasinya berkurang,la kok bisa kang ari,,,???
Motor injeksi yamaha mulai dari mio j sampai xeon rc yang terakhir keluar menggunakan pengisian sistem 1 phase terbuka, Pengisian 1 phasa dengan sistim AC/DC Open charging dapat menghentikan proses pengisian arus listrik saat kondisi aki sedang full charge/penuh, yang mekanismenya diatur oleh rectifier – regulator (kiprok).Memang kerja aki jadi ringan dan umur aki lebih awet karena saat pengisian aki sudah penuh maka pengisian akan di putus,kelemahannya motor yang menggunakan sistem 1 phasa pengapiannya hanya mengandalkan dari aki,makanya jika aki soak motor bisa mogok,dengar2 sich buat neken biaya coz produksi kang bro,,,,.lalu Kang ari,,,kenapa old vixion bisa hidup jika akinya sudah soak??? Motor old vixion menggunakan sistem pengisian 3 phasa tertutup,pengisiannya lebih besar dari 1 phasa.Jika pengisian sudah penuh tidak seperti 1 phasa yang otomatis tertutup tapi pengisian tetap berjalan terus dan sisa pengisian sebagian di buang ke massa,makanya kalaupun tidak pakai aki motor old vixion masih bisa hidup,biaya produksinya juga lebih mahal dari 1 phasa.
Kang ari kasih trik buat kang bro pemakai motor injeksi biar tidak sampai mogok gara2 aki soak.Trik-nya mudah kang bro,,,pada motor injeksi jika akinya mulai soak maka lampu sinyal akan kedip2,tapi pasti kang bro tidak tahu kenapa motor kang bro bisa kedip2,,,kan?klo dikedipin cewek nggak pa2…hehehehe..tanda2 aki soak selain lampu sinyal kedip2 adalah jika electric starter sudah tidak kuat untuk menghidupkan motor maka itu tandanya aki mulai soak,jika tombol electric starter dipencet Cuma bunyi ‘’ngek2’’ atau ‘’cethik2’’.kalaupun buat lampu sen dan nyalain klakson suaranya masih kenceng,,,akinya pasti mulai soak jika nggak kuat buat electric starter.Jika sudah ada gejala itu maka kang bro mesti siap2 ke bengkel buat ngecas aki jika masih bisa di cas,klo sudah tidak bisa di cas ,,,beli baru,,,hehehe,,,
Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kang bro,,,maturnuwun
loading...
sumber:
aripitstop.com
Comments
Post a Comment