Peralatan Bengkel Motor


Peralatan bengkel berguna untuk membantu pekerjaan kita. Dengan alat yang tepat, kita bisa dengan mudah melakukan pekerjaan. Logika nya begini,akan mudah mengecat motor dengan menggunakan spray gun dan kompresor dari pada dengan semprotan obat nyamuk.

Kami bisa menyimpulkan begitu karena kami juga pernah mengalami. Contoh lain nya, kita memang tetap bisa melepas magnet motor dari kedudukan nya meski pun tanpa treker. Tapi membutuhkan usaha yang sedikit lebih rumit dibandingkan menggunakan treker magnet. Karena itu, dengan mengenal peralatan bengkel motor semoga bisa membantu kita dalam mengerjakan aneka pekerjaan bengkel. Setidak nya untuk memperbaiki motor sendiri dirumah.



Tang
Berfungsi untuk membantu menjepit. Berbagai ukuran tersedia dan mudah di dapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah.


Kunci Reng
Tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa di beli satuan. Sehinga kita tidak harus membeli dalam set banyak sekaligus. Menggunakan kunci reng bisa mengurangi lecet pada baut di bandingkan kunci Pas.

Kunci Pas
Tersedia dalam berbagai ukuran dan sangat membantu kita saat membuka dan memasang baut pada bagian motor yang sempit. Dalam penerapan nya terkadang  kunci pas sering di kombinasikan dengan kunci Reng saat memasang baut dan mur.


Kunci Sok
Bisa di beli satu set dan bisa satuan.Sebaiknya jangan membeli yang berkwalitas rendah, sebab mata/anak kunci sok cepat rusak. Lebih baik yang berkwalitas baik dan bisa tahan lama serta mengurangi lecet pada saat membuka baut.

Kunci Klep
Penggunaan kunci klep sangat terasa membantu saat kita membuka klep tutup. Ukuran nya yang tipis memudahkan kita saat membuka atau pun memasang tutup klep motor yang tutup klep nya dekat dengan karburator. Menggunakan kunci klep bisa mengurangi lecet pada tutup klep.


Obeng
Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis.Ada obeng kembang dan ada obeng min. Penggunaan yang tepat dan pada tempat nya akan membuat obeng tahan lama. Harga satuan mau pun harga  satu set nya relatif murah dan mudah ditemukan di pasaran.

Kunci T
Tersedia dalam berbagai ukuran dan relatif murah serta mudah di temukan di pasaran. Ujung mata kunci T bisa dipotong jika sudah aus, sehingga bisa berfungsi dengan baik kembali.

Tang Stel
Tang stel mencengkram sangat kuat dan bisa disesuaikan dengan ukuran yang akan di jepit. Tang ini sangat membantu saat kita menemukan kejadian baut patah.

Kunci L
Tersedia dalam berbagai ukuran dan harga yang bervariasi. Kunci L ada dua tipe, kunci L biasa dan kunci L bintang. Lebih baik membeli yang berwalitas, apa lagi untuk jenis L bintang. Karena L bintang kwalitas rendah sangat mudah rusak. Lain hal nya dengan kunci L biasa, kadang harga nya murah tapi cukup kuat dan tahan.

Kunci Salome
Kunci multi fungsi ini bisa membuka atau pun mengunci baut dan mur dengan berbagai ukuran. Kelebihannya bisa menghemat perkakas yang dibawa saat kita bepergian.

Kunci Inggris
Hampir sama dengan kunci salome,kunci inggris bisa membuka dan mengunci baut mau pun mur dengan berbagai ukuran. Tapi kunci Inggris hanya menapak di dua sisi baut dan mur. Hal ini lah yang sering membuat lecet pada saat membuka atau mengunci.

Tang Spi
Memudahkan kita dalam membuka dan memasang spi. Kunci ini tersedia dalam dua jenis, ada yang khusus merapatkan spi dan ada yang khusus merenggangkan spi.

Masih banyak jenis perkakas bengkel motor yang ada. Tapi dengan peralatan seadanya kita sudah bisa untuk  utak-atik motor sendiri. Dan untuk mencapai tingkat profesional tentu saja harus didukung dengan perkakas yang lengkap dan lebih baik lagi.




sumber:
motorexpose.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio