Cara Membersihkan Injektor


PENJELASAN 1


Pada motor injeksi, bila injektornya kotor akibat mengkonsumsi bensin yang kurang bagus, dapat mempengaruhi kualitas semprotan bensinnya. Efeknya, performa mesin bakal menurun dan emisi gas buang jadi jelek.
Makanya beberapa pabrikan menganjurkan agar komponen ini dicek dan diservis setiap periode tertentu. "Terutama bila dirasakan performa motor mulai menurun. Kalau tidak, ya enggak perlu," bilang Hariadi, Service Manager 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Nah, untuk servis komponen ini pastinya mesti keluarin biaya tambahan di luar servis rutin. Karena prosesnya butuh alat khusus. Di beres alias bengkel resmi Suzuki, biasanya dikenain Rp 30 ribu. Sedang di Yamaha sekitar Rp 50 ribu.

Proses bersihin deposit dari atas menuju lubang sembur
Kalau ente ingin hemat, bisa kok bikin alat sederhana buat bersihin injektor. Cuma perlu 2 untai kabel berlainan warna dengan panjang secukupnya, soket kabel kecil, aki (bisa cabut dari motor), slang dengan diameter bervariasi serta carb atau injector cleaner.
Namun sebelumnya pahami dulu kerja injector ya. Menurut Sriyono, instruktur Astra Honda Training Center (AHTC), di dalam injektor itu terdapat solenoid yang bekerja membuka dan menutup lubang semburnya.
“Ketika ECM memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar, ECM mengirim tegangan 12 volt dengan durasi tertentu sesuai kondisi mesin yang dibaca oleh sensor-sensornya,” terang Sriyono.


Proses bersihin dari arah yang berlawan, semprotannya lebih tebal
Dengan kata lain, agar solenoid bisa bekerja membuka dan menutup, butuh tegangan 12 volt. Nah, alat buat bersihin injektor sederhana ini prinsipnya hanya buat meyalurkan tegangan 12 volt dan massa (ground) dari aki ke injector untuk mengaktifkan selenoidnya.
Tapi, mesti diingat, karena kerja solenoid itu mengandalkan medan magnet dari arus listrik tadi, “Mengaktifkan selenoidnya tidak boleh lebih dari 15 detik. Karena kumparan magnetnya bakal panas, yang bisa membuat injektor rusak,” wanti Sriyono.

Menyambungkan kabel ke terminal di injektor perlu soket kecil
Makanya Em-Plus pakai media tombol untuk menyalurkan tegangan dari aki ke injektor. Sementara untuk menyalurkan carb/injector cleaner ke saluran bensin di injektor, tinggal hubungkan pakai slang. Tapi, pastikan sambungan slangnya rapat ya, jangan ada kebocoran agar ada tekanan di dalam selang.
Baru deh mengoperasikannya, tinggal tekan kenop carb/injector cleaner, sembari tekan tombol pada jalur kelistrikan ke injektor sekitar 2 - 3 detik secara kontinyu.


PENJELASAN 2
Tiga Cara Bersihkan Injector dan Throttle Body Ala Yamaha
Namanya perangkat injeksi, lama kelamaan pasti kotor. Kotoran pada throttle body dan injector bisa dirasakan dari putaran mesinnya yang tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh butterfly atau skep di dalam throttle body yang terganjal penumpukan karbon sehingga tidak bisa menutup dengan sempurna.

“Kami menyarankan pembersihan injector dan throttle body dilakukan tiap 10 ribu kilometer,” ungkap M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia.

Nah, khusus di Yamaha, ada tiga cara yang bisa dipilih. Tentunya disesuaikan dengan kondisi motor dan kondisi si pengendara sendiri. Kalau tidak terlalu kotor dan enggak mau repot karena terlalu lama melakukan pembongkaran bisa pakai cara yang pertama.

Yaitu menggunakan PEA Carbon Cleaner. Cairan yang sudah direkomendasikan Yamaha ini dicampurkan ke dalam tangki bahan bakar dan diklaim dapat mengurangi kadar karbon dengan mudah. Asiknya perawatan yang satu ini bisa dilakukan sendiri tiap 3 ribu kilometer, tapi PEA Carbon Cleaner-nya harus beli di bengkel Yamaha ya!

Masih kurang puas? Boleh lakukan cara kedua yaitu paket service dan pembersihan dengan 3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner. Kalau yang ini harus dilakukan di bengkel resmi Yamaha, dan sebaiknya dilakukan tiap 10 ribu kilometer.

Dalam tahapannya, throttle body akan dibersihkan dengan cara dilepas dan disemprot 3M Throttle Body Cleaner. Setelah throttle body bersih, lalu dilanjutkan dengan membersihkan injector. Untuk yang satu ini digunakan 3M FI Cleaner, cairan pembersih ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar.

Maka dari itu butuh special tools untuk memasukan cairan ke throttle body. Special tools ini mirip preasure regulator, tapi yang ini sudah didesain khusus untuk motor Yamaha dan hanya dimiliki oleh jaringan bengkel Yamaha.

Setelah 3M FI Cleaner terpasang pada special tools dan tersambung ke selang bensin yang menuju ke injector, atur tekananya agar mencapai 250 Kpa sesuai standar Yamaha V-Ixion. Dan terakhir tinggal hidupkan mesin selama 10 menit. Kotoran akan bersih dengan sendirinya.
Alat ini bukan cuma membersihkan tapi juga bisa melihat kondisi injector dari kualitas semprotannya
Masih belum puas? Silahkan pilih cara yang ketiga. Cara ini jauh lebih detail lagi, yaitu dengan menggunakan Yamaha Injection Cleaner. Alat yang satu ini digunakan untuk membersihkan injector. Bedanya, selain dibersihkan kondisi semprotan bahan bakar oleh injector bisa dipantau.

“Selain membersihkan juga bisa dilakukan pengetesan untuk melihat kondisi injector dari kualitas semprotannya,” beber Abidin. Alat ini memiliki dua tabung untuk melakukan tes volume dan sebuah ruang kaca untuk melihat arah semprotannya.

Satu lagi fasilitasnya adalah sebuah wadah kecil untuk membersihkan injectornya itu sendiri. Setelah dibersihkan langsung dilihat kualitas semprotannya. Kalau hasilnya belum memuaskan pembersihan bisa dilakukan berulang kali.

PENJELASAN 3
Cara membersihkan carbon di ruang bakar dan injektor


Teknologi yang digunakan pada kendaraan saat ini telah menganut sistem injeksi, selain lebih irit, teknologi ini juga ramah lingkungan. Sistem injeksi pada dasarnya menyuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pompa bahan bakar (Fuel Pump). Motor injeksi mempunyai lubang inti yang bertugas sebagai penyuplai bahan bakar, biasanya kita mengenalnya dengan sebutan nozzle/injektor.

Injektor adalah komponen dalam sistem injeksi yang bertugas sebagai pengkabut bahan bakar yang bertekanan yang disuplai oleh fuel pump (pompa bahan bakar).Seberapa penting membersihkan injektor kendaraan kita? singkat cerita, injektor adalah komponen yang dilalui bahan bakar secara terus menerus, kita tak tahu kan apakah bahan bakar itu bersih apa kotor, walaupun sudah disaring dipompa bensin tetap saja masih ada partikel-partikel kecil yang masih terbawa bahan bakar sampai diinjektor, dan jika partikel tersebut tidak dapat disemprotkan melalui lubang kecil di injektor tentu saja menempel dikomponen injektor dan jika terus menerus tidak diperhatikan maka akan banyak kotoran yang akan menempel diinjektor dan akan menyebabkan suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak optimal.

Berikut beberapa cara membersihkan injektor dan ruang bakar dari kotoran karbon :

1. Sistem mencampurkan cairan injektor cleaner ke tangki bahan bakar



Fuel Injector Cleaner merupakan cairan yang berfungsi untuk mengikis deposit kerak yang ada dalam ruang bakar dan kotoran yang ada di injektor. Perlu digaris bawahi Fuel injektor cleaner  berbeda dengan octane booster (aditif untuk menaikan nilai oktan bahan bakar). Penggunaan simpel aja, tinggal tuangkan cairan Fuel Injektor Cleaner kedalam tangki bensin. satu botol bisa untuk mencampur 40 liter bensin, jadi kalo buat motor katakanlah 10 liter bensin, tinggal tuangkan seperempatnya.

2. Membersihkan injektor dan ruang bakar dengan mengganti bahan bakar dengan cairan injektor cleaner





Cleaner ini merupakan cairan pembersih yang aman terhadap fungsi-fungsi elektrikal dari sensor-sensor, kita tahu disistem injeksi ada banyak sekali sensor yang terpasang di mesin. Lagi pula larutan kimianya pun aman terhadap karet-karet klem sambungan.

Cara kerjanya :

lepas konektor pipa saluran bensin yang terpasang di injektor dan melepas konektor power fuel pump untuk mematikan fuel pump dimotor, jika dimobil lepas sambungan selang di reel injektor, lepas sekering pompa di fuse box untuk mematikan pompa bensin.
Perhatian : Jika konektor / sekering powernya tidak dilepas, nanti bensin akan menyemprot dari pipa dan tentu sangat perbahaya

Tutup keran saluran tabung injektor cleaner, ini akan menghentikan aliran cairan lalu atur tekanan yang akan keluar dari tabung injektor cleaner menggunakan sebuah regulator yang akan menyamai semprotan bahan bakar dari fuel tank. Setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di Rpm langsam alias Idle, dari sini kita akan lihat akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang. tekanan akumulasi ini menandakan tabung cleaner injektor sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injektor. Mesin akan mati secara otomatis ketika cairan pembersih injektor habis. kurang lebih selama 10 menit

3. Membersihkan injektor dengan fittec "Coil dan Injektor Tester"











 Cara kerja :
Lepas injektor di mesin, hubungkan kabel injektor tester dan hubungkan selang dari kaleng cairan injektro cleaner ke injektor lalu nyalakan saklar di alat injektor tester, maka injektor akan hidup dan menyemprotkan cairan cleaner dan akan membersihkan kotoran yang ada didalam injektor. kotoran akan terlihat jelas

4. Mencuci injektor dengan ultrasonik dan injektor cleaner tabung


Cara kerja :
Lepaskan injektor di mesin, lalu cuci injektor dengan cairan injektor cleaner, atau jika emang kepepet gak ada cairan injektor, bisa juga merendamnya dengan thinner dengan gambar alat sebelah kanan, sekitar kurang lebih 15 menit agar kotoran diinjektor rontok semua, jika sudah bersihkan injektor dengan injektor cleaner di sebelah kiri, dan perhatikan semprotan bahan bakar saat dibersihkan dengan alat tersebut.


Sumber artikel dan gambar : dari beberapa blog dan website di internet,

Perhatian : Like dokter otomotif ya ...!!! makasih dah mampir ke blog ane boss

Semoga bermanfaat, salam otomotif....







sumber:
news.motorplus-online.com
topspeedsepedamotor.wordpress.com
agungwibowo92.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio